Analisa Kasus: Mengapa Bisnis Zipcar Meraih Sukses

mobil_zipcarZipcar adalah salah satu contoh perusahaan yang sukses di era New Wave. Berdasarkan tulisan Pakar Pemasaran Indonesia, Hermawan Kartajaya di www.kompas.com, kasusnya mengingatkan kita bahwa mungkin ada dua kata kunci utama untuk memenangkan persaingan di era New Wave,, yaitu penghubung dan komunitas.
Mereka menjadi connecting hub lewat platform yang disediakan untuk komunitas, sehingga dapat tampil lebih menawan di persaingan. Ditambah kemampuan perusahaan ini dalam mengkomunitaskan konsumennya. Namun apakah hal ini sudah cukup membawa Zipcar mejadi sukses? Ada tiga hal yang membuat Zipcar meraih sukses.

Pertama, ada pada sisi model penetapan harga yang memberi keuntungan pada anggota Zipcar. ; (1) ongkos fixed pada saat menjadi anggota: biaya tahunan yaitu sekitar $50 ditambah dengan $25 untuk aplikasi dan (2) ongkos variable ketika mengendarai: yaitu sekitar $10 per jam (tergantung pada model dari mobil yang dipilih). Kesemuanya sudah termasuk bensin dan asuransi.

Kedua, adalah low-cost strategy. Dapat dilihat bahwa memang yang ditawarkan adalah low-price. Namun strategi low price tidak akan dapat sustainable kalau tidak didukung oleh low-cost strategy. Untuk terus mengelola biaya operasional memang sebuah tantangan buat mereka.

Contohnya, jumlah kendaraan otomatis bertambah ketika perusahaan berkembang sehingga biaya sewa terus meningkat. Ditambah harga bahan bakar yang naik turun menjadi ancaman bagi stabilitas ekonomi perusahaan. Cara mereka mengatasi hal ini ialah dengan memperbesar jumlah anggota sehingga mencapai skala ekonomis lebih solid.

Dari sisi operasional, dapat pula dilihat bahwa kesuksesan mereka didukung oleh digunakannya sistem IT yang canggih namun gampang digunakan. Contohnya, setiap anggota punya kartu yang dinamakan Zipcard. Kartu ini diinspirasi dari kartu ATM, tentunya bukan untuk menarik uang, namun untuk menarik gagang pintu 6000 kendaraan Zipcar.

Tentu tidak bisa sembarangan karena si anggota harus terlebih dahulu melakukan reservasi lewat internet, telepon atau applikasi iPhone dan Blackberry. Setiap mobil juga dibekali navigasi GPS untuk melacak keberadaan mobil saat dicuri.

Satu hal yang mungkin memukau adalah prestasi mereka dalam hal menekan biaya marketing yang relatif rendah yaitu antara $1,000 sampai dengan $1,500 per bulan. Strategi pemasaran yang low-budget-high impact ini menurut riset dicapai 30% sampai 40% lewat word-of-mouth, 25% lewat publisitas di media, dan selebihnya lewat komunikasi gerilya yang dilakukan oleh tim pemasaran mereka.

Ketiga, yang dapat menjelaskan kesuksesan Zipcar yang kini merupakan perusahaan car sharing terbesar di dunia adalah orientasi pemasaran-nya yang berwujud komunitas. Satu hal yang membesarkan perusahaan ini dari segi bisnis pada akhirnya adalah anggotanya, yang disebut dengan Zipsters.
Keberhasilan Zipcar dalam membangun kunci sebagai penghubung dan komunitas ini didukung oleh filosofi perusahaannya yang memang horizontal dan membudaya. DNA dari Zipcar sejak awal terlihat sebagai proyek penciptaan kepemilikan kendaraan alternatif yang meyakinkan jutaan masyarakat urban untuk menanggalkan kendaraan pribadi mereka untuk menciptakan green and sustainable planet.

Sehingga, dapat dilihat bahwa misi yang diemban bernuansakan sosial, tak hanya sekedar kenyamanan dan pengalaman menyenangkan anggota dalam memiliki dan menggunakan kendaraan. Karena seperti yang dijelaskan diatas, bisnis seperti ini memerlukan skala ekonomis yang pas. (sumber:www.kompas.com/WTD/MZ)

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: