Cara Memulai Bisnis Ekspor di Rumah (Bagian V: Strategi Promosi Produk Ekspor)

Strategi Promosi produk ekspor []

Cara-cara kreatif dalam mempromosikan produk menjadikan bisnis ekspor mampu bertahan di pasar internasional. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat untuk mempromosikan produk ekspor Anda. Strategi ekspor yang saat ini banyak dilakukan UKM adalah dengan melakukan pameran untuk mendapatkan calon pelanggan.

Pameran
Pameran merupakan satu cara efektif untuk mencari peluang pasar, memperkenalkan usaha, dan menjaring calon pelanggan. Sebelum memutuskan untuk mengikuti pameran, tentukan target pasar terlebih dahulu, dan menganalisa tren pasar. Untuk itu, sesuaikan bentuk dan tema pameran dengan produk yang akan Anda promosikan.

Tidak seperti pengunjung Mall yang tidak tersegmentasi, karakteristik pengunjung pameran sangat spesifik, dan fokus. Menurut Center for Exhibit Industry Research (CEIR), mayoritas pengunjung pameran dagang adalah pengambil keputusan atau orang berpengaruh yang berencana melakukan pembelian dalam kurun waktu 12 bulan kedepan. Sebab itu, jangan kaget jika penjualan produk Anda tidak terlalu signifikan. Pengusaha umumnya lebih tertarik dengan peluang berbisnis dibandingkan membeli produk yang dipamerkan.
Berikut tips agar Anda sukses berpromosi di pameran :

1. Hindari Penjualan Lunak

Bilamana pengunjung menunjukkan minat di gerai Anda, segera dekati dan undanglah mereka untuk belajar lebih banyak mengenai produk Anda. Jangan biarkan orang menunggu. Rentang waktu perhatian pameran dagang sangat singkat yaitu 60 detik.

2. Libatkan Pengunjung

Cara Anda menyapa pengunjung menunjukkan profesionalisme dan kesediaan untuk membantu. Hindari sapaan seperti “Ada yang bisa saya bantu”, “Halo, apa kabar?”, atau “Bagaimana pamerannya?” Sebaliknya, ajukan pertanyaan langsung yang melibatkan pengunjung dan membantu Anda mengukur minat mereka terhadap produk atau jasa perusahaan Anda, seperti, “Informasi apa yang dapat saya berikan mengenai sistem pemanas baru kami?” atau “Halo, apa yang Anda cari untuk pintu pekarangan Anda?”.

3. Ajukan banyak pertanyaan

Pastikan untuk memperhatikan aturan 80/20;80% waktu mendengarkan dan 20% waktu berbicara dengan mengajukan beberapa pertanyaan ke pengunjung. Cobalah untuk menghindari segala bentuk gaya penjualan yang kaku dan mengulangi kalimat yang sama karena sangat mengganggu pengunjung.

Online Marketing
Meskipun banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui pameran, namun cara ini membutuhkan biaya besar. Cara efektif lain yang bisa dilakukan untuk berpromosi ialah melalui fasilitas internet marketing seperti membuat website atau toko online dan kampanye promosi produk melalui email. Cara ini terbilang efektif karena memilki beberapa keunggulan dibanding promosi melalui pameran diantaranya;
1. Modal yang diperlukan relatif kecil. Di internet banyak tersedia layanan pembuatan website gratis dan portal bisnis dengan keanggotaan gratis.

2. Daya jangkauan luas, tidak terbatasi oleh ruang dan wilayah sangat cocok untuk bisnis yang berorientasi ekspor.

3. Peningkatan penggunaan internet yang signifikan di kalangan masyarakat membuat calon pembeli lebih mudah mendapatkan informasi produk di website.

4. Melalui website, bisnis bisa berlangsung 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Selain melalui website, Anda juga bisa mengirimkan informasi produk melalui email. Dengan cara yang sama, kirimkan ke lembaga lain yang dapat membantu meneruskan informasi produk Anda.

Sayangnya masih banyak pelaku usaha yang masih enggan berpromosi lewat internet. Padahal, kebutuhan akan online marketing kini semakin diperlukan untuk berkompetisi dengan pengusaha di negara-negara lain yang rata-rata sudah melek internet. Sebab itu, mulai sekarang tinggalkan cara berpromosi yang melelahkan. (sumber:buku jurus menembus pasar ekspor, http://www.belajar-ekspor.com/MZ)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: