Cara Memulai Bisnis Ekspor di Rumah (Bagian IV: Mempersiapkan Alat Promosi)

Mempersiapkan Alat Promosi []

Untuk memperkenalkan produk yang Anda buat ke pasar global, Anda harus melakukan kegiatan promosi yang terencana. Namun sebelum promosi dilakukan, Anda terlebih dahulu mempersiapkan alat promosi dalam bentuk katalog produk.

Katalog produk ini berupa brosur, leaflet ataupun compact disk yang berisi dan memuat segala informasi yang dibutuhkan pembeli. Untuk membuat catalog produk yang menarik, berikut tahapan-tahapan yang perlu Anda lakukan :

1. Membuat Dokumentasi Produk
Dokumentasikan semua produk Anda dalam bentuk foto. Dalam mendokumentasikan produk, Anda harus memperhitungkan bahwa foto produk mampu memberikan gambaran secara tiga dimensional mulai dari panjang, lebar dan tinggi produk.

Tujuannya, pembeli luar negeri memiliki gambaran tentang volume produk.
Selain itu, foto yang Anda buat harus menonjolkan detail dari produk. Baik keunggulan desain, corak, komposisi warna, kerapihan produk dan aspek lainnya. Sebab itu, gunakan background berwarna kontras saat memotret produk agar produk terlihat jelas.

Untuk kepentingan jangka panjang, sebaiknya setiap jenis produk memiliki 3-5 sudut pengambilan foto yang berbeda. Foto-foto tersebut Anda bisa membuat kategori produk yang disusun berdasarkan ukuran, jenis bahan baku, kapasitas produk dan harga. Jika perlu, buatkan kode produk untuk mempermudah pengelolaannya. Untuk harga dan kapasitas produksi, sebaiknya dicantumkan pada media promosi khusus yang akan dipergunakan sebagai alat negosiasi.

Dalam penentuan harga dan kapasitas produksi harus memperhitungkan berbagai aspek. Sebaiknya tidak mencantumkan harga pasti karena pembeli selalu menawar harga yang Anda tawarkan.

2. Membuat Profil Usaha
Buatlah profil usaha Anda secara ringkas dan padat yang menggambarkan data perusahaan. Data yang diperlukan umumnya meliputi nama perusahaan, alamat dan nomor telepon, contact person, sejarah berdiri, jenis produk, bahan baku, kapasitas produksi, keunggulan dan kualitas produk. Sebutkan pengalaman Anda selama menjalankan usaha, baik pengalaman di bidang pemasaran, target market, maupun teknik pembayaran.

3. Menyusun Katalog Produk
Setelah berbagai dokumentasi maupun data atau informasi yang diperlukan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menyusunnya dalam bentuk katalog produk. Sebaiknya persiapkan setidaknya tiga bentuk format katalog.

Format pertama, dalam media cetak yaitu bentuk brosur, flier atau selebaran tercetak. Isi format ini umumnya ringkas dan menarik yang bersifat sebagai pemancing. Untuk itu, bentuk atau desainnya dibuat semenarik mungkin.
Format kedua, dalam media elektronik yaitu bentuk compact disk (CD) dan situs web. Kemampuan CD cukup besar untuk menyimpan data foto yang akan memperkuat penawaran produk Anda kepada pembeli. Supaya sistematis, penyusunan data dilakukan secara berurutan dari profil usaha, keunggulan usaha, produk anda lalu foto-foto produk.

Selain itu, salah satu media promosi yang efektif dengan biaya rendah ialah situs web. Anda tak perlu memiliki situs web sendiri untuk mendapatkan manfaat situs. Pilih situs web yang dapat mempromosikan produk Anda secara gratis dan memiliki komunitas bisnis yang sesuai dengan bisnia Anda. Sehingga dapat meningkatkan peluang bisnis Anda.

Untuk melengkapi persiapan bisnis ekspor Anda, nantikan artikel bagian kelima bertema Strategi Promosi Ekspor. (sumber: buku Jurus Menembus Pasar Ekspor dan http://www.ahardiena.web.id)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: